jump to navigation

Workshop Pengelolaan Keuangan Daerah dan Implementasi Standar Akuntansi Pemerintah Berbasis Akrual Oktober 9, 2014

Posted by Imam Subagyo in Berita Terkini.
Tags: , ,
trackback

workshop1Indahnya tatanan Allium Meeting Room Hotel Grand Serela Medan, menjadi saksi berkumpulnya lebih dari 70 orang utusan 34 DPKAD se-Provinsi Sumatera Utara dalam rangka mengikuti Workshop Pengelolaan Keuangan Daerah dan Implementasi Standar Akuntansi Pemerintah Berbasis Akrual yang diselenggarakan oleh Kanwil Ditjen Perbendaharaan Provinsi Sumatera Utara selama 2 hari dari tanggal 29 sampai dengan 30 September 2014

Workshop yang bertemakan “Menuju Sumatera Utara yang lebih baik” ini menghadirkan narasumber dari Kantor Pusat Ditjen Perbendaharan, Kantor Pusat Ditjen Perimbangan Keuangan dan dari Kanwil Ditjen Perbendaharaan Provinsi Sumatera Utara.

Kepala Kanwil Ditjen Perbendaharaan Provinsi Sumatera Utara, Mirza Effendi, dalam keynote speech sekaligus pembukaan acara menyampaikan harapannya bahwa dengan kegiatan workshop ini kualitas, transparasi dan akuntabilitas dalam pengelolaan keuangan daerah pada Pemda se-Sumatera Utara akan semakin meningkat. Disamping itu, Pemda dapat segera mempersiapkan diri dalam menghadapi implementasi akuntansi berbasis akrual. “Dengan sudah semakin dekatnya deadline implementasi akuntansi pemerintahan berbasis akrual (tahun 2015) tentunya dibutuhkan peningkatan kapasitas SDM Pemda dalam memahami konsep-konsep dasar dan kebijakan akuntansi pemerintahan khususnya dalam mengimplementasikannya pada Laporan Keuangan Pemerintah Daerah. Semoga kegiatan ini dapat menjadi wadah untuk menyaring masukan dari seluruh peserta, serta komitmen Pemerintah Daerah terhadap kesiapan dalam menyongsong implementasi Akuntansi Pemerintahan Berbasis Akrual” lanjut Mirza

workshop2Acara hari pertama menghadirkan Narasumber Windraty Arianne Siallagan dari Direktorat Pelaksanaan Anggaran dengan materi Pengelolaan Pelaksanaan Anggaran Pemerintah Pusat dan Daerah – Best Practice and Sharing Knowldege, Wibawa Pram Sihombing dari Direktorat Pengelolaan Kas Negara dengan materi Pengelolaan Kas Daerah – Perencanaan dan Pengendalian, Mangappu Pasaribu dari Direktorat Pembinaan Pengelolaan Keuangan Badan Layanan Umum dengan materi Pengelolaan Keuangan BLU/BLUD serta Lukman dari Direktorat Dana Perimbangan, Direktorat Jenderal Perimbangan Keuangan dengan materi Alokasi dan Pengelolaan Dana Transfer ke Daerah. Acara yang dikemas dalam bentuk diskusi panel ini dimoderatori oleh Ary Nugroho, Kabid Pembinaan Akuntansi dan Pelaporan Keuangan Kanwil Ditjen Perbendaharaan Provinsi Sumatera Utara.

Dalam paparannya, Windraty menyampaikan bahwa paket undang-undang keuangan negara telah mengakomodir best practice pengelolaan keuangan yang diterapkan di negara-negara maju, namun yang terpenting menurut beliau adalah saat penerapannya. Best Practice yang diterapkan berkaitan dengan pelaksanaan anggaran antara lain adalah spending review, dimana hasil spending review ini bisa dijadikan bahan pertimbangan dalam penganggaran di tahun berikutnya.

wrokshop3Selanjutnya Wibawa Pram Sihombing menyampaikan bahwa dari sekian banyak best practice pengelolaan kas yang ada, belum terbukti mana yang paling baik. Namun semuanya merupakan good practice dan yang terpenting adalah mulai menerapkannya dalam rangka mengejar ketertinggalan dari Negara lain yang telah menerapkannya terlebih dahulu. Pram juga menjelaskan apa saja yang telah dilakukan oleh Direktorat Pengelolaan Kas Negara dalam menerapkan best practice yang mencakup Treasury Single Account (TSA), Perencanaan Kas, Pengelolaan Kelebihan/Kekurangan Kas, Foreign Exchange Management, Treasury Dealing Room, Penerapan MPN G-2 dan Big-eB.

Setelah coffee break, Mangappu Pasaribu menyampaikan bahwa BLU/BLUD memiliki karakteristik tersendiri yang membedakannya dengan satker lain yaitu fleksibilitas dalam pengelolaan keuangan/barang dalam memberikan pelayanan kepada masyarakat yang didasarkan pada prinsip efisiensi dan produktivitas. Pada materi selanjutnya Lukman memaparkan mengenai adanya perubahan postur transfer ke Daerah di Tahun Anggaran 2015 dimana selain ada Dana Transfer ke Daerah juga ada Dana Desa. Selain itu juga disampaikan penjelasan mengenai formula yang digunakan dalam pengalokasian DAU dan DAK.

workshop4Hari kedua workshop khusus membahas mengenai implementasi Standar Akuntansi Pemerintah Berbasis Akrual. Pada kesempatan tersebut Ary Nugroho, Kepala Bidang Pembinaan Akuntansi dan Pelaporan Keuangan memberikan materi penyegaran mengenai Gambaran Umum Akuntansi Pemerintahan Berbasis Akrual, dilanjutkan dengan materi Kebijakan Akuntansi Berbasis Akrual yang disampaikan oleh Kasi ASPLK Untung Haryanto. Di penghujung acara yang di pandu oleh Kasi PSPAD Esanov Putra dicapai kesepakatan dengan seluruh peserta workshop dimana dihasilkan poin-poin komitmen dalam mengimplementasikan Standar Akuntansi Pemerintahan Berbasis Akrual sekaligus sebagai pengingat bagi seluruh stakeholder pemerintah daerah akan deadline implementasi SAP berbasis akrual. Pada sesi terakhir tersebut juga disampaikan alternatif penatausahaan persediaan pada pemerintah daerah sehinggga diharapkan seluruh pemerintah daerah lingkup Provinsi Sumatera Utara mampu menghasil laporan persediaan yang handal dan akuntabel.

Para peserta yang terdiri dari pejabat ataupun pegawai pengelola keuangan daerah menyambut antusias diselenggarakannya workshop ini. Selama dua hariworkshop5 penyelenggaraan, seluruh peserta menyimak dan memperhatikan semua materi yang disampaikan oleh seluruh narasumber. Pada sesi diskusi dan tanya jawab, mereka memanfaatkannya dengan bertanya kepada seluruh narasumber. Mereka juga mengharapkan agar acara seperti ini lebih sering diselenggarakan dan tidak ada pembatasan jumlah peserta.

kontributor : Esanov Putra, Agung Richardus

Komentar»

No comments yet — be the first.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: