jump to navigation

Jambore Perbendaharaan 2016 Se-Jawa Tengah Agustus 10, 2016

Posted by Imam Subagyo in Berita Terkini.
trackback

jambore9Itulah sepenggal nyanyian yang selalu dinyanyikan oleh para peserta Jambore Perbendaharaan Jawa Tengah di Magelang, disamping yel-yel yang lain sebagai penggugah semangat bagi para peserta jambore.

Ya, pada tanggal 5-7 Agustus 2016 perhelatan akbar ini digelar. Kegiatan yang baru pertama kali diadakan ini  merupakan ajang silaturahmi para pegawai lingkup Kanwil Ditjen Perbendaharaan Provinsi Jawa Tengah dengan jumlah peserta kurang lebih 629 orang terdiri dari pejabat, pegawai maupun tenaga honorer lingkup Kanwil Ditjen Perbendaharaan Provinsi Jawa Tengah.

Kegiatan Jambore Perbendaharaan ini dilatarbelakangi oleh adanya tantangan perubahan jaman dalam pengelolaan perbendaharaan. Melalui  kemasan yang menarik, peserta diajarkan tentang Wawasan Kebangsaan, Pengetahuan Senjata juga Pembentukan sikap dalam rangka menanamkan jiwa korsa dalam diri setiap insan perbendaharaan, hal ini dianggap penting karena dalam Jiwa Korsa terkandung inisiatif, tanggung jawab, loyalitas, dan dedikasi untuk suatu hal yang mulia. Semangat dan jiwa inilah yang harus selalu dipupuk dalam diri setiap insan perbendaharaan sehingga ke depan dapat lebih siap menghadapi tantangan perubahan jaman terutama dalam pengelolaan perbendaharaan negara

Jambore 1Berkenan hadir pada malam kesenian dan ramah tamah adalah Dirjen Perbendaharaan, Marwanto Harjowiryono didampingi Sekretaris Ditjen Perbendaharaan, Haryana beserta Kabag Umum, Heru Pudyo Nugroho dan Kabag OTL, Syafriadi.  Dalam arahannya, Dirjen Perbendaharaan menyatakan apresiasi atas terselenggaranya Jambore Perbendaharaan ini. “Jambore ini bisa digunakan sebagai bagian dari upaya untuk memperkuat silaturahmi, meningkatkan sinergi dan profesionalisme seluruh pegawai Dirjen Perbendaharaan. Kita selalu berhadapan dengan kondisi yang tidak kita ketahui, sehingga disiplin, kerja yang tulus menjadi tuntutan bagi kita, baik saat sekarang maupun di waktu yang akan datang,” lanjut beliau

Pembukaan Acara Jambore Perbendaharaan se-Jawa Tengah Tahun 2016Jambore8 secara resmi dilaksanakan pada hari Sabtu tanggal 6 Agustus 2016  dalam suatu upacara dengan Inspektur Upacara Gubernur Akademi Militer Magelang Mayjen TNI Hartomo, dilanjutkan dengan arahan Dirjen Perbendaharaan yang diwakili oleh Sekretaris Ditjen Perbendaharaan,Haryana.

Acara selanjutnya adalah Wawasan Kebangsaan dan Pengenalan Senjata yang dipandu oleh Tim dari Akmil Magelang. Peserta tampak antusias dalam sesi Pengenalan Senjata ini, karena peserta diberi kesempatan untuk mengenal persenjataan dan praktek cara-cara penggunaan senjata. Yang lebih seru adalah ketika peserta diberi kesempatan untuk eksyen dan selfie dengan senjata yang dipegang. Sungguh suatu kesempatan yang luar biasa dan langka bagi para peserta jambore ini.

Jambore3Sayang sekali, malam keakraban yang sedianya akan diisi dengan kegiatan api unggun karena cuaca yang tidak memungkinkan terpaksa harus diganti dengan acara indoor. Tetapi hal ini tidak mengurangi antusiasme para peserta untuk menjalin keakraban dan silaturohim dengan para peserta dari KPPN  daerah lain dan Kanwil.

Sesuai dengan jadwal yang telah diagendakan, pada hari Minggu 7 Agustus 2016 peserta jambore diajak untuk mendaki Gunung Tidar, sebuah bukit kecil di tengah kota Magelang yang diyakini sJambore7ebagai paku/pathok-nya Pulau Jawa. Semangat para peserta sangat tinggi, tua muda semua tidak mau kalah untuk sampai di Puncak Tidar. Di Puncak Tidar, diucapkan Ikrar/janji peserta jambore yang diwakili oleh Darmadi Pramono pegawai KPPN Magelang dan Endah pegawai Kanwil Ditjen Perbendaharaan Provinsi Jawa Tengah.

Selanjutnya acara dilanjutkan dengan capacity building dan Teamwork Psikologi yang dipandu oleh Tim Pengasuh dari Akmil Magelang sampai dengan pukul 11.45 WIB. Setelah acara tersebut selesai, peserta dipersilahkan untuk beristirahat dan bersiap-siap untuk mengikuti Upacara Penutupan. Upacara Penutupan dilaksanakan pada pukul 13.45 WIB. Bertindak sebagai Inspektur Upacara adalah Kakanwil Ditjen Perbendaharaan Provinsi Jawa Tengah Bapak Muhson yang sekaligus menutup Jambore Perbendaharaan se-Jawa Tengah Tahun 2016.

Jambore5Jambore Perbendaharaan se-Jawa Tengah Tahun 2016 telah usai dengan meninggalkan kenangan dan kesan yang mendalam bagi seluruh peserta. Sampai jumpa di jambore berikutnya….

KPPN Jaya….KPPN….Luar Biasa….

-Idol Kla-

Komentar»

No comments yet — be the first.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: